Kamis, 21 Januari 2016

IDK 1



3. PERKEMBANGAN PERAWATAN ZAMAN BARU(1500-1800M)
    a. Zaman Renaisance
        Renaisance yg berarti lahir kembali,dimana terjadi perubahan-perubahan yg luar biasa karena adanya :
1)      Penjajahan(eksplorasi)
      Adanya penjajahan maka didapatkan negeri-negeri baru oleh penjelajah-penjelajah yg terkenal spt.Colombus
2)    Kemajuan Kesusasteraan(kemajuan literatur)
      Oleh William dan Thomas More dalam bukunya “Utopia” yg menguraikan ttg RS.
3) Kemajuan Ilmu Ketabiban
     Munculnya org-org yg menyelidiki Ilmu ajaran Hipocrates ini,sehingga memiliki pandangan luas ttg ilmu pengobatan dan ketabiban ,seperti :
# Soranus : ahli dalam abstetri,gynaecologie dan pediatri
# Andreas Vesalius : pengarang buku anatomi
# Ambroise Pare(Tukang cukur) : ahli bedah
# Galen (bangsa Roma) :ahli bedah dan ramuan obat-obatan
# Paracelsus(bangsa Jerman) : penggunaan mercuri u/Sipilis
#Gabrielle Faloppy :menemukan tuba faloppi
# Antonie Van Leeuwenhoek : penemu Mikroskop
b. Zaman Reformasi
    Atau zaman pembaharuan,dipimpin oleh : Dr. Marthin Luther (Bangsa Jerman). Pergerakan dimulai  31 Okt.1517 menyebabkan perpecahan dari Agaman kristen dan timbul agama Kristen Protestan,akibatnya terjadi penghapusan organisasi keagamaan dimana reformasi ini diterima,selanjutnya RS diambil alih oleh sipil sehingga perawatan mengalami kemunduran karena keperawatan yg semula dikerjakan oleh orde-orde agama,kini digantikan oleh org-org suruhan yg tidak mengerti ttg perawatan
1)      Di Inggris.
      Pada akhir abad ke – 18 banyak didirikan RS,al : London Hospital(1740),George Hospital(1753). Hal ini bukan berarti suatu kemajuan,justru makin mundur karena perawatan dianggap pekerjaan pelayan biasa yg mendapat
Bayaran dan dikerjakan oleh bekas org sakit,penjaga pintu dan org-org yg rendah budinya,sehingga keburukan perawatan main memuncak. Keadaan di Inggris pd waktu itu disebut “Zaman Gelap dalam Perawatan”.
2) Di Perancis.
     Pada waktu itu raja Louis XII mengeluarkan peraturan agar semua RS diserahkan kepada sipil dan Pimpinan dipegang oleh satu omiten atau panitia,maka perawatan semakin mengalami kemunduran karena dikerjakan berdasarkan bayaran,dan memuncak saat  Revolusi Perancis meletus thn 1789.
3) Di Amerika Serikat
     Thn 1808 berdiri perkumpulan wanita yg bergerak dalam bidang sosial di bawah Pimpinan “Mother Elizabeth”
   4) Di Portugal
     Pada thn 1495 – 1550,berdiri perkumpulan laki-laki,bernama Brother of Mercy yg dipelopori oleh : Juan de Dios yg bergerak dalam lapangan Perawatan dan mencapai hasil yg baik.
5) Di Spanyol
     Di beberapa tempat didirikan RS untuk menyempurnakan perawatan,perawatan berjalan baik dan teratur. Raja Phillips II mengadakan beberapa perbaikan,kisalnya RS harus mmpunyai dokter yg cukup,setiap bangsal mempunyai peralatan yg lengkap dan cukup dan pusat perhatian kepada pasien. RS di Spanyol merupakan RS terbaik mengenai perawatannya pada saat itu
6) Di Roma
     Thn 1590 terjadi wabah, oleh Gamillus mendirikan satu perkumpulan yg terdiri dari laki-laki yg melakukan perawatan di Rs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar